Cara Menyembunyikan Jaringan SSID/Wi-Fi Di Rumahmu

Share:

Memiliki jaringan internet yang tak terbatas di rumah sendiri pasti merupakan hal yang menguntungkan bagi kita. Selain mudah dalam mengakses internet, kita juga dapat melakukan kegiatan yang memerlukan jaringan internet di rumah saja, tanpa harus ke warnet.
sumber
Contohnya misalnya dalam bermain game online, streaming film, ataupun streaming video yang sedang kamu buat secara direct. Mengunduh file-file yang berukuran besar pun juga bukan menjadi suatu masalah lagi. Selain itu, kita dapat dengan mudah mencari referensi di internet jika kita sedang memiliki tugas.

Banyak sekali hal-hal yang sangat bermanfaat dengan memiliki jaringan internet sendiri di rumahmu. Namun, jika kamu tinggal di tempat yang bisa di bilang aktif dalam sosial, tentu tetangga dan teman-temanmu akan mengetahui jika ada Wi-Fi di rumahmu dan seketika rumahmu menjadi banyak pengunjung. Dalam hal ini, tentu kecepatan internetmu akan berkurang, karena di gunakan di banyak ponsel/komputer. Jika kamu memiliki bandwidth yang besar, tentu hal itu tidak akan menjadi masalah buatmu. Namun, jika bandwidth mu hanya 10Mbps atau bahkan lebih kecil, maka itu tentunya akan menjadi masalah buatmu. Apalagi jika rutinitasmu adalah mendownload, streaming, maupun bermain game online.


Jika kamu tidak mempermasalahkan hal ini, maka kamu tidak perlu menyembunyikan Wi-Fi mu kepada khalayak ramai. Namun, jika kamu mempermasalahkan ini, maka lebih baik kamu menyembunyikannya saja.

Baiklah berikut Cara Menyembunyikan Jaringan SSID/Wi-Fi Di Rumahmu:


1. Kamu harus masuk ke IP address default mu. IP address nya adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1


2. Jika kamu berhasil masuk, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.


Perlu di ingat. Tampilannya akan berbeda-beda pada Router yang kamu punya. Kebetulan, saya menggunakan router ZTE F609. Jika kamu menggunakan router Huawei, maka akan muncul tampilan Huwaei pula, dan begitu pula jika kamu memiliki router merk lain.


3. Login/Masuk ke alamat IP mu.


Isi username dan passwordnya sebagai berikut:
  • username : user
  • password : user
Jika tidak bisa, gunakan,
  • username : admin
  • password : admin


4. Jika telah masuk, maka akan muncul halaman utamanya seperti di bawah ini.


Pada halaman ini, langsung klik pada bagian "Network", setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini.



5. Pilih pada bagian "SSID Settings", lalu centang kolom "Hide SSID" pada menu nya.


Setelah itu, "Submit".


6. Selesai. Kini jaringan SSID/Wi-Fi dirumahmu telah tersembunyi.



Nah, setelah itu bagaimanakah cara menyambungkannya? Gampang sekali!
Kamu hanya tinggal menambahkan jaringannya lewat pengaturan Wi-Fi pada komputer ataupun smartphone kamu dan masukkan "Nama SSID" kamu beserta "Password" nya. 

Jika pada smartphone kamu di minta untuk memilih keamanannya, pilihlah "WPA/WPA2 PSK"

Semoga bermanfaat guys!

No comments