6 Alasan Pria Jawa Cocok Dijadikan Suami

Share:

sumber
Cowok jawa? Hm.. Mungkin kamu akan langsung membayangkan penampilannya yang jadul ataupun ndeso. Ditambah bahasa nya yang mayoritas medhog banget. Bikin susah deh kalau lagi hangout.

Wajar toh kalau para wanita mikir-mikir buat nerima cinta nya para mas-mas jawa. Tapi kita gak bisa loh selalu melihat hanya dari cover aja. Dilansir dari kejadiananeh, ada beberapa keistimewaan para pria jawa yang layak untuk kamu pertimbangkan sebagai calon pendamping hidup kamu seumur hidup.


1. Terlahir ke dunia untuk menghormati orang yang lebih tua

sumber
Bukan rahasia baru lagi, kalau dalam adat istiadat orang jawa, mereka yang usianya lebih mudah wajib untuk menghormati orang-orang yang lebih tua. Tanpa pandang bulu, kepada orang asing pun mereka akan selalu bersikap sama. Jadi jangan heran kalau kamu sering melihat orang jawa sebentar-sebentar bilang maaf atau permisi sambil membungkukkan badannya seperti udang.

Dalam tradisi jawa sendiri ada berbagai macam versi bahasa yang diperuntukkan kepada kaumnya. Misal penggunaan bahasa Jawa Ngoko, Kromo Inggil dan bahasa jawa gaul alias santai. Ciri khas mereka yang lahir dan besar dalam tradisi Jawa pasti akan selalu menggunakan bahasa Kromo Inggil sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang lebih tua usianya. Sedangkan penggunaan bahasa gaul hanya untuk dipakai kepada para teman-teman seusianya atau yang sudah akrab.

Jadi kamu bisa menyimpulkan sendiri bukan? Itu baru sama orang lain loh, bagaimana saat bertemu dengan calon mertuanya alias ayah dan ibu kamu. Keren bener kan? Kayanya mereka memang diciptakan khusus, saat terlahir ke dunia ini untuk menghormati orang yang lebih tua sejak mereka masih orok.


2. Ramah, Humoris dan siap di ajak susah

sumber
Sifat ramah tamah dan humoris seolah sudah mendarah daging kepada para pria jawa. Coba tebak dari sekian daftar pelawak terkenal di Indonesia, paling banyak dari orang apa hayoo? Sudah pasti orang jawa bukan, hehehe.

Tapi sayangnya, terkadang sifat mereka ini suka disalah artikan kalau mereka bukanlah tipe orang serius alias klamar klemer begitu menurut gosip yang beredar. Padahal faktanya semua yang mereka lakukan hanya untuk mencairkan suasana, terlebih dengan orang-orang yang baru ia kenal, istilahnya SKSD begitu deh. Tapi soal bicara uji mental jangan pernah untuk meragukan ketangguhannya.

Sudah sering bukan mendengar istilah Senen Kemis, Tahu Tempe, musim paceklik, Tanggal Tua tanggal Muda dsbnya? Yups memang benar, kalau orang jawa tidak gemar hidup boros apalagi hanya sekedar untuk memuaskan hasrat nafsu saja terutama untuk urusan perut.

Misalkan gaji mereka belum seberapa besar tapi orang lain kok sampai bisa makan ayam, rendang setiap hari, padahal gajinya sama aja dengan dia. Untuk kaum mereka, pasti akan lebih memilih menghemat, makan tahu tempe saja sudah enak kok, yang penting kan sehat. Bukan begitu? Jadi itulah salah satu alasan penting “Kenapa Harus Mencari Jodoh Pria Jawa”!!


3. Sifatnya yang selalu Nrimo
sumber
Selalu berusaha bersyukur meskipun roda nasib mandeg dibawah terus, kapan naiknya cuy? Yups itu adalah salah satu kelebihan dari pria-pria keturunan jawa. Meskipun habis ketiban musibah kecelakaan dan kakinya buntung, pasti mereka masih sempat-sempatnya bilang..Untung Cuma kaki yang buntung, bayangkan kalau sampai burungnya yang buntung.
Ada istilah sakmadyo wae atau secukupnya saja dalam lingkungan pergaulan mereka yang lebih menekankan gaya hidup natural alias tidak dibuat-buat. Ya kalau belum makmur ngapain juga gaya-gayaan.

Dan satu hal yang paling luar biasa dalam prinsip hidup orang Jawa asli bukan jawa abal-abal ya cuy, mereka sangat dikenal mudah beradaptasi, menerima perbedaan serta bersahabat dengan alam. Gak percaya? Coba lihat Pulau mana yang paling banyak tinggal berbagai perbedaaan Suku dan Agama kalau bukan di Pulau Jawa. Mungkin satu-satunya yang bisa mengalahkan hanya Pulau Bali saja.

Dan orang-orang Jawa sangat meyakini segala sesuatu dari rejeki sampai musibah yang menimpa mereka bukanlah terjadi secara kebetulan. Untuk hal ini lah mereka akan pasrah menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan.


4. Suka mengalah, tapi baperan

sumber
Kalau lagi menghadapi masalah, biasanya mereka lebih mengutamakan 86 alias damai ditempat saja deh. Bukannya karena takut, tapi mereka lebih memilih damai daripada ribut dengan sesamanya, apalagi kalau mereka baru tinggal di suatu tempat asing.

Ini baru sama orang lain loh, gimana kalau sama calon istrinya. Sudah pasti lembut hati, romantis dan ngalahan tapi itu juga mudah-mudahan cuy hahaha. Saking lembutnya terkadang mereka mudah baper, sensitif dan gede ambek. Mangkanya jangan pernah membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, misal dengan mantan pacar kamu


5. Cara Lelaki Jawa Menabung Kebaikan

Segala sesuatu yang kita lakukan baik atau buruk suatu hari nanti kita sendirilah yang menuainya, begitu kata pepatah kuno. Terlepas dari ajaran agama yang dianut bagi para pria jawa, rata-rata mereka sangat meyakini kalau ia selalu bersikap baik terhadap siapapun tanpa pandang bulu, termasuk juga Alam.

sumber

Maka di masa depan pun akan timbul kebaikan pula. Prinsip ini mirip seperti ajaran Karma, jika nanti bukan mereka yang akan menuai sendiri, akan selalu tetap ikhlas, dan berharap jika balasannya itu akan diterima oleh anak ataupun cucu keturunannya nanti.



6. Fakta Pria Jawa, mungkin bukan Kriteria Manusia Sempurna sebagai Calon Pendamping Hidup

Tidak seperti tetangga sebelah, habis jual kontrakan kawin lagi, habis dapat warisan cari bini muda lagi hehehe. Sudah banyak contoh para figur pemimpin terkenal yang setia hanya kepada satu wanita saja.

Contoh pertama, bukti kesederhanaan Cinta Pak Jokowi dengan Istri tercintanya Ibu Iriana, atau mau yang lebih romantis lagi? Kita bisa melihat pada Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ibu Ani, Almarhum Pak Harto dengan Almarhumah Ibu Tien atau Cinta Sejati Almarhum Gus Dur dengan Ibu Sinta Nuriyah, dimana potret kemesraan mereka bikin kita baper abis cuy.

sumber
Mungkin satu-satunya cowok import dari luar negeri yang bisa menandingi kesetiaan cinta mereka hanyalah Jon Bon Jovi dengan istrinya Dorothea Hurley. Tak pernah kita dengar gosip tentang perkawinan mereka diambang perceraian, padahal notabene seorang Penyanyi Rocker sangat identik dan mudah tergoda dengan kehadiran cewek-cewek cantik dan super seksi di sisi mereka.

John sudah berpacaran dengan Dorothea sejak mereka masih satu sekolah, dan sosok Dorothea menjadi satu-satunya cinta pertama dan terakhir dalam kehidupan akang bon jovi sampai sekarang. Keren banget ya cuy

CATATAN PENTING SEKALI!
PENULIS BUKANLAH ORANG JAWA

No comments