7 Vespa Terlangka Dan Paling Dicari

Share:

Vespa adalah salah satu kendaraan roda dua yang menjadi incaran banyak orang, terutama para pecinta skuter. Tidak dipungkiri lagi bahwa Vespa merupakan skuter klasik yang digunakan orang-orang di dunia, dan juga tentunya di Indonesia tercinta. Mulai dari pecinta vespa klasik, hingga para pecinta vespa ekstrim. Bicara tentang klasik maupun ekstrim tentunya kembali lagi pada pilihan masing-masing.

Semakin lama umur Vespa, semakin tinggi harga jualnya. Maklum karena skuter Vespa pertama kali diproduksi pada 1943, tentu kita harus menghargai sejarah. Maka dari itu lah harganya selangit. Intinya kalau masih punya pemikiran sempit tentang harga, ya mendingan pakai motor Jepang-an aja deh.

Berikut 7 Vespa Terlangka dan Paling Banyak dicari:


1. Vespa MP5 Paperino 1943

sumber
Vespa MP5 Paperino menjadi skuter Vespa pertama yang diproduksi oleh Piaggio pada tahun 1943. Prototipe ini, dirancang oleh insinyur Renzo Spolti dan di beri kode MP5 (Moto Piaggio 5), dinamai dengan "Paperino", yang artinya "Anak Angsa" oleh para pekerja disana. Tetapi Enrico Piaggio tidak menyukainya, dan menyerahkan pekerjaan itu kepada Corradino d'Ascanio untuk meninjau proyek dan membangun sesuatu yang berbeda, yang lebih baik secara teknis maupun secara penampilannya.

Karena ini adalah skuter Vespa tertua dan hanya sekitar seratus Paperino yang diproduksi, maka hal itu menjadi tidak mengherankan jika Paperino menjadi yang paling langka dan paling diburu oleh para kolektor dan pecinta skuter antik di seluruh dunia.


2. Vespa MP6 1945 

sumber
Skuter ini dirancang oleh Corradino d'Ascanio setelah ia mengambil pekerjaan ini untuk merancang kendaraan sederhana yang tangguh, ekonomis dan elegan yang pertama kali diproduksi pada tahun 1946. Prototipe MP6 sebenarnya tidak ada nama atau tanpa nama pada ketika pada bulan September 1945 saat diperlihatkan kepada Enrico Piaggio yang berkata "Sembra una vespa!" ("Ini menyerupai seekor lebah!"). Dan sejak itu nama itu menyebar.

Tidak adanya kipas pendingin mesin, pedal rem di sisi kiri (biasanya di kanan), bilah aluminium di lantai/papan kaki, dan simbol sayap di depan adalah perbedaan terpenting antara MP6 dan Vespa-vespa masa depan, dan Vespa MP6 ini dianggap sebagai tonggak awal dari Vespa yang dikenal sebagai pelopor skuter dunia.


3. Vespa '98' 1946

sumber
Meskipun nama skuternya adalah Vespa 98, namun bukan berarti skuter Vespa ini diproduksi pada tahun 1998. Skuter Vespa ini diproduksi pada tahun 1946 dengan desain yang dibuat khusus untuk jalan-jalan di Eropa pada saat itu yang masih dalam kondisi buruk, kayak di Indonesia lah kira-kira dan total 2.484 diproduksi pada tahun pertama semenjak kelahiranya.


Pada 28 Maret 2017, sebuah Vespa 98 1946 dengan nomor sasis 1003 yang merupakan salah satu dari 60 skuter produksi keluaran pertama Piaggio telah dijual dalam lelang seharga $ 195.748 atau setara dengan Rp.2,6 miliar. Sangat mahal bukan?


4. Vespa 98 Corsa 1947


Vespa 98 Corsa dibangun khusus untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kapasitas skuter kecil bisa bersaing dalam balapan. Pengaruh Vespa yang tumbuh di jalanan dan alun-alun Italia, memotivasi Enrico Piaggio untuk menghasilkan kendaraan yang agresif, yang bisa menjadi pemenang di trek. Yang pertama naik Vespa 98 di atas sirkuit adalah Giuseppe Cau yang menang di Monte Mario Hill Climb pada tahun 1947. Vespa 98 Corsa (Circuit) dibuat untuk kecepatan dan tampil sebagai inovasi.

Yang suka ngegas-ngegas dan kebut-kebutan gak karuan, buruan beli Vespa ini, dijamin ngacir deh.


5. Vespa Circuito 125 1949

sumber
Pada tahun 1949, Piaggio menghasilkan jenis skuter balap baru dengan desain yang agak unik dari produksi skuter balap mereka sebelumnya. Skuter ini menggunakan mesin 125cc, dan Vespa 125 Circuito diciptakan dengan tujuan mengedepankan sektor otomotifnya yang lebih gesit dan kuat.

Pada akhir empat puluhan, pabrikan sepeda motor besar menganggap cara terbaik untuk mengiklankan kendaraan mereka adalah dengan cara berpartisipasi dalam balapan. Tujuannya adalah untuk membawa industri sepeda motor ke masyarakat umum dengan harapan menciptakan pelanggan potensial baru. Dalam hal ini, skuter Piaggio mengambil bagian di dalam balapan dalam serangkaian sirkuit yang merupakan tujuan mengiklankan sepeda motor, tetapi Circuito 125 juga terbukti menjadi contoh yang berguna untuk menguji solusi baru, yang mengarah pada adaptasi dari model standar. Skuter balap Vespa merupakan hasil karya buatan tangan dan dibangun oleh spesialis dalam Piaggio dan digunakan dalam balapan oleh banyak pembalap besar seperti Dino Mazzoncini dan Giuseppe Cau. Giuseppe Cau memenangkan lomba di Catania Etna pada tahun 1950, di kelasnya (125cc) dan ditempatkan di tempat ke-3 di klasemen keseluruhan setelah Guzzi dan Benelli.


6. Vespa 125 U 1953

sumber
Hanya 7.000 unit skuter Vespa U yang pernah diproduksi, dan menjadikan model ini salah satu yang paling dicari oleh para kolektor. Dibuat pada tahun 1953 sebagai model ekonomis, huruf "U" berarti "Utilitas" atau dapat diartikan lebih mengedepankan kepada manfaat pemakaiannya.  Vespa ini dirancang untuk meniadakan persaingan Lambretta dan dijual di pasar seharga 110 dolar pada zamannya. Untuk pertama kalinya, lampu dipasang di kepala bukan di spatbor depan lagi.


7. Vespa 150 Side-Car (Sespan) 1955

sumber
Skuter Vespa ini menjadi perburuan para kolektor karena memiliki bentuk yang sangat unik. Selain itu, Vespa ini adalah yang pertama menggunakan mesin 150cc. Skuter ini memiliki performa yang baik sehingga mendapat banyak pujian dari para penggemar skuter pada saat itu.

Vespa sespan ini dibuat antara akhir 1948 dan awal 1949. Vespa dengan sespan memungkinkan perjalanan yang stabil dan nyaman untuk jarak jauh. Vespa ini terbuat dari baja tipis dan dirakit dengan tangan. Dipuji karena kinerjanya yang sangat baik, bahkan di medan bersalju dan di lereng yang curam, model mobil samping ini membuktikan dirinya tetap yang terbaik.


Jadi, itulah 7 Vespa Terlangka Dan Paling Dicari. Untuk orang-orang biasa, mungkin untuk mendapatkan 7 motor langka ini sangatlah tidak mungkin, namun jika kamu memiliki keinginan untuk membeli Vespa, maka kamu bisa beli Vespa dengan keluaran tahun-tahun yang lebih muda yang harganya masih terjangkau. Semoga bermanfaat!

No comments