Cara Gampang Membuat Es Kepal Milo Di Rumah

Share:

'Es Kepal Milo' tengah menjadi jajanan primadona belakangan ini. Terlepas dari tenar atau tidaknya minuman ini, ya tidak dipungkiri es ini memanglah enak. Apalagi rasa milo yang memiliki khas tersendiri. Jajanan ini semula berasal dari Malaysia dan dipopulerkan pertama kali di Yogyakarta awal tahun 2018. Jajanan yang di negara asalnya bernama 'Ais Kepal Milo' ini sebenarnya sudah ramai digemari orang sejak akhir tahn 2017 silam dan dipopulerkan oleh 'Gerai Ais Kepal Milo Tok Abah' di Kuala Kangsar, Malaysia. Gerai milik pasangan suami istri Saed Lamin dan Shariah Hashim ini memang dikenal sebagai penjual minuman ringan sejak tiga tahun sebelumnya. Sejak kemunculan ais kepal Milo, gerai mereka kian ramai dikunjungi pembeli. Bahkan antrian tetap panjang meski pada hari-hari kerja.

Pasangan pengusaha muda Danang Aryo Dempo Wiguno dan Rara dari Yogyakarta pun kemudian tertarik untuk mengadopsi minuman ini ke Indonesia pada bulan Maret 2018 dengan nama Ais Kepal Jogja. Gerai es ini bisa ditemui di Jl. Surami, Mantrijeron, Yogyakarta. Awal membuka Ais Kepal Jogja, Danang menebeng pada lapak warung mi ayam milik mertuanya yang berada di halaman rumah. Ketika pertama diperkenalkan, pelanggan es kepal ini kebanyakan masih anak-anak seputar kompleks perumahannya saja dan baru bisa menjual sekitar 10 gelas es kepal per harinya. Namun itu semua berubah sejak salah seorang food blogger di Yogyakarta mempopulerkannya. Es kepal Milo pun jadi booming diminati oleh para pemburu kuliner kontemporer yang kemudian juga diikuti oleh kota-kota lainnya. Di Jakarta, es kepal lantas viral pada awal bulan April.

'Es kepal Milo' pun langsung punya banyak penggemar. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kebiasaan orang Indonesia yang suka dengan suatu hal yang viral. Yap, bisa di bilang sebelumnya ada 'Thai Tea' yang memegang kendali. Dan jika kita tilik beberapa tahun ke belakang, 'Es Cappuccino Cincau' lah yang bisa di bilang cukup lama menjadi minuman favorit orang Indonesia. Jika kita ke belakang belasan tahun lagi, 'Pop Ice' lah yang menjadi pionner dalam masalah es es-an. Namun di balik itu semua, 'Es Teh Manis' tetap di hati ya wkwkwk.
sportourism.id
Dilansir dari idntimes.com, berikut Cara Gampang Membuat Es Kepal Milo Di Rumah.

Bahan:
  • Es batu
  • Milo bubuk
  • Susu kental manis coklat/vanila
  • Toping
Cara penyajian:
  • Es batu yang berbentuk cube atau balok bisa diserut halus atau ditumbuk hingga menjadi pecahan kecil, lalu diblender hingga halus.
  • Setelah halus, lalu bentuk es menjadi kepalan. Membentuknya bisa dengan cara memasukan es yang sudah halus ke dalam plastik, lalu dipadatkan hingga berbentuk bola. Kemudian taruh kepalan es tersebut di atas mangkok atau gelas saji.
  • Kalian bisa memakai milo bubuk sachet 18 gr, sebanyak 10 bungkus atau sebanyak yang kalian mau. Tuangkan milo bubuk tersebut kedalam satu wadah, lalu tambahkan sekitar tiga sendok air panas atau hingga milo bubuk berbentuk seperti fla atau pasta.
  • Selanjutnya adalah susu kental manis, untuk 10 sachet milo bubuk, bisa menggunakan susu kental manis sebanyak 220 gram atau sesuai selera. Tambahkan susu kental manis ke dalam pasta milo, agar rasanya lebih manis dan pasta milo terlihat lebih kental.
  • Setelah pasta milo dan susu kental manis membentuk fla kental yang sempurna, tuangkan adonan tersebut keatas es serut kepal yang sudah dibuat diawal tadi. Tuangkan hingga menyelimuti permukaan es kepal atau sebanyak selera. Semakin banyak fla yang dituangkan, rasanya akan semakin nikmat dan buat ketagihan.
  • Last but not least, tambahkan berbagai topping kesukaan kalian di atas es kepal yang sudah jadi. Hias es kepal kalian seindah mungkin agar tampilannya bisa jadi instagramable. Kalau gak upload instagram, gak gaul kan guys, wkwkwk.
Tada!! Es Kepal Milo buatan sendiri pun siap di santap. Tunggu apa lagi? Yuk di coba di rumah, siapa tahu aja berbakat dan bisa buka kedai es kepal juga di rumah. Yummy yummy.

Sumber 1 2

No comments