10 Pelajaran Hidup dari Albert Einstein

Share:

Seorang pria cerdas yang sangat ingin tahu tentang misteri dan kebenaran sains, Albert Einstein berhasil mengubah dunia menjadi lebih baik, walaupun ia lah pemicu terjadinya gagasan tentang bom nuklir. Namun di samping itu, ia membuktikan bahwa ia lah orang yang paling menonjol sebagai fisikawan paling berpengaruh pada abad ke-20. Dia mengembangkan teori relativitas umum (e = mc2), sekarang dianggap sebagai landasan fisika modern. Einstein mendapatkan Hadiah Nobel dalam Fisika "untuk jasanya pada fisika teoretis, dan khususnya untuk penemuannya tentang hukum efek fotolistrik". Dia menulis ratusan buku dan artikel tentang penemuannya.

sumber
Einstein juga seorang filsuf dan pemimpin moral yang hebat. Berikut adalah 10 pelajaran hidupnya.


1. Ikuti Keingintahuan mu: “Saya tidak memiliki bakat khusus. Saya hanya ingin tahu.”

Keingintahuan dapat membantu untuk memacu imajinasi kita. Ketika kita mengajukan pertanyaan kepada orang lain, tentunya kita dapat menemukan informasi yang penting untuk membantu kita memecahkan suatu permasalahan, membuka pintu baru dan membentuk koneksi baru pula. Ketika kita mengajukan pertanyaan tentang diri kita sendiri, kita dapat meragukan keyakinan kita sendiri, karena banyak sekali hasrat dan keinginan yang bisa kita pikirkan menjadi hal yang positif. Pertanyaan apa yang belum terjawab di kepala Anda?


2. Ketekunan adalah hal yang Tak ternilai: “Bukan karena saya sangat pintar; hanya saja saya tetap dengan masalah yang lebih lama. ”

Jika kamu bermimpi, kamu dihadapkan dengan banyak sekali rintangan, tetapi dengan mengatasi masalah itu lebih lama, seperti yang dikatakan Einstein dapat menjadikan itu perbedaan yang besar antara kegagalan dan kesuksesan. Beberapa cara untuk mulai melatih ketekunan adalah dengan berkomitmen pada impian kamu (tentu kamu punya impian kan?), menjaga sikap positif, tetap fokus pada apa yang kamu inginkan setiap hari dan bangkit kembali dari keterpurukan.


3. Fokus pada Saat Ini: "Setiap orang yang dapat mengemudi dengan aman sambil mencium seorang gadis cantik sama sekali tidak memberikan ciuman yang layak."

Contoh bagus yang Einstein gunakan untuk menggambarkan pentingnya berfokus pada saat ini. Kita dapat melewatkan kesenangan saat ini dengan terlalu sibuk dengan masa lalu ataupun masa depan. Mengingatkan diri kita setiap hari untuk mengingat saat ini akan membawa kita lebih banyak kedamaian dan sukacita serta memberi kita penghargaan yang lebih besar bagi kehidupan.


4. Imajinasi itu Kuat: “Imajinasi adalah segalanya. Ini adalah pratinjau dari sesuatu hal yang akan datang. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan."

sumber
Dengan satu ide, sebuah kerajaan bisa dibangun. Mari kita ambil contoh Walt Disney, seorang master sejati dalam hal imajinasi. Dia mendapatkan inspirasi untuk karakter kartun paling terkena Mickey Mouse dari seekor tikus peliharaan tua yang biasa ia temui di ladangnya. Tikus hitam dan putih itu menjadi legenda animasi. Imajinasi membuka pintu ke Kerajaan yang memungkinkan untuk menjadi sebuah kenyataan!


5. Membuat Kesalahan: "Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru."

Kesalahan itu tidak dapat dihindari terutama ketika mengejar sesuatu yang berharga. Kesalahan bisa mengecewakan maupun menghancurkan pada kepercayaan diri kita, tetapi itu semua diperlukan untuk menguji komitmen yang sebenarnya untuk mencapai tujuan akhir kita inginkan. Hal-hal hebat apa yang pernah dicapai tanpa gagal dalam beberapa kali mencoba maupun cara?


6. Hiduplah di momen itu: "Saya tidak pernah memikirkan masa depan. Hal itu datang segera."

Seperti yang mereka katakan, saat ini adalah suatu hal yang kita miliki, sebuah konsep yang sulit untuk dipahami. Eckhart Tolle dalam bukunya, Power of Now, mengatakan bahwa kesuksesan seseorang yang benar-benar berada di saat sekarang dapat diukur dari tingkat kedamaian yang dia rasakan di dalam hatinya. Dengan menjadi lebih sadar akan momen itu, kita dapat mennyemangati diri sendiri dalam hal yang paling penting.


7. Buatlah suatu hal yang Bernilai: "Berjuang untuk tidak menjadi sukses, melainkan menjadi bernilai."

sumber
Bagaimanakah kamu mendefinisikan kesuksesan? Apa yang akan membuat hidup kamu sukses? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa menjadi pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan pada diri sendiri. Ini dapat membesarkan anak-anak yang sehat dan bahagia, memiliki hubungan yang bermakna dan memuaskan, menjadi suatu yang penting dalam percakapan, menulis buku, mencintai karier, merasa baik setiap hari, apa pun itu semuanya untuk dan demi kamu sendiri, itulah tempat untuk menempatkan atau terus menempatkan fokus kita.


8. Jangan Berulang-ulang: "Kegilaan: melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda."

sumber
Jika kamu tidak bahagia dalam bidang-bidang tertentu dalam hidup kamu seperti keuangan atau hubungan cinta yang menyakitkan, pilihlah untuk melakukan satu hal yang berbeda besok. Idenya adalah untuk menggoyang rutinitas dari kesakitan itu. Jika kamu memiliki pekerjaan yang tidak memuaskan atau yang membuat frustrasi pada tingkat tertentu, pikirkan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengubah situasi. Terkadang perspektif baru pada situasi yang sama adalah hal yang diperlukan untuk membuka mata seseorang terhadap apa yang mungkin terjadi. Langkah pertama adalah mengenali ketidakpuasan dan kemudian mengambil tindakan tunggal menuju kepuasan. 



9. Pengetahuan Berasal Dari Pengalaman: “Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman. ”

Kata-kata yang sangat menginspirasi, bukankah begitu?

Pengalaman aktual menciptakan pengetahuan yang dihargai dan dihargai oleh orang lain. Kita dapat membaca buku, mendengarkan kaset, dan mengikuti kursus, tetapi pengalaman yang kita miliki dalam hidup dapat memberikan pelajaran terbaik bagi orang lain. Kisah hidup kamu itu kaya akan pengetahuan dan orang-orang siap untuk mendengarkan karena itu adalah cara paling menarik dan otentik untuk membuat perbedaan dengan seseorang.


10. Pelajari Aturan dan Kemudian Mainkan Lebih Baik: “Anda harus mempelajari aturan permainan. Dan kemudian Anda harus bermain lebih baik daripada orang lain. ”

Untuk menjadi ahli dalam sesuatu, pelajari semua yang kamu bisa tentang subjek itu, pelajari keberhasilan lain dan kemudian bertujuan untuk melakukannya dengan lebih baik daripada mereka. Semakin kuat komitmen dan semangat dan upaya kamu, maka semakin besar tekad kamuuntuk sukses.


Itulah 10 Pelajaran hidup dari orang cerdas, Albert Einstein. Semoga bermanfaat ya.


No comments