8 Manfaat Dari Berjalan Kaki Yang Terkadang Kita Anggap Remeh

Share:

Berjalan merupakan suatu hal yang selalu kita lakukan setiap harinya. Sangat tidak mungkin bila kita tidak pernah beranjak dari tempat kita parkirkan tubuh kita, kecuali untuk orang yang menderita penyakit yang memaksa mereka untuk tidak bisa berjalan, bahkan bergerak.

sumber
Maka dari itu, selagi tubuh kita masih dapat kita gerakkan dengan bebas dan semestinya, kenapa tidak kita rawat dan jaga agar di hari tua kelak kita tidak penyakitan? Bahkan jangan sampai deh pas kita masih umur-umur produktif tapi udah dihantui oleh penyakit. Sungguh ironis. Jadi, buat kamu yang jarang gerak ataupun emang memiliki gen yang malas untuk bergerak kayak koala, mending goyang 2 jari aja deh biar ada gerakkan sedikit di sendi nya.

Nah, jadi menurut Kedokteran dan Sains dalam jurnal Olahraga dan Latihan, berjalan membantu mengurangi risiko semua penyakit kronis dan dianggap sebagai 'obat ajaib' oleh banyak dokter. Apa yang membuat berjalan merupakan suatu latihan terbaik untuk kesehatan kamu adalah berjalan dapat dengan mudah menyehatkan jantung dan sendi kamu dan secara tidak langsung berjalan akan memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan kamu secara keseluruhan. Olahraga berat memang dapat memiliki dampak yang lebih besar dan lebih cepat pada kesehatan tubuh kamu, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan tulang kamu jika terlalu berlebihan.


Dilansir dari laman Bright Side, berikut manfaat-manfaat yang akan di dapatkan oleh tubuh dan pikiranmu hanya dengan rutin berjalan kaki.


1. Berjalan Dapat Memperlancar Peredaran Darah

Sebuah penelitian di Korea yang dilakukan oleh Institut Ilmu Olahraga Korea di Seoul menemukan bahwa jika kita rutin berjalan setiap hari selama 40 menit akan  mengurangi tingkat tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi kamu yang berjalan selama 40 menit tanpa henti akan langsung merasakan manfaatnya, yaitu dengan berkurangnya 5 poin pada tekanan darah, dan 3 poin untuk yang berjalan per-10 menit secara terpisah. Para dokter yang melakukan penelitian mengatakan bahwa penting bagi semua orang untuk membuat pilihan yang lebih cocok untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan.



2. Berjalan Sama Dengan Melawan Kanker Payudara pada Wanita

The American Cancer Society merekomendasikan semua orang dewasa untuk melakukan latihan intensif selama 150 menit atau 75 menit per minggu. Lebih khusus lagi, para peneliti telah menemukan bahwa berjalan selama 7 jam  per minggu dapat mengurangi risiko kanker payudara setelah menopause sebesar 14%. Para wanita yang memilih untuk berjalan lebih dari 7 jam per minggu akan berada dalam kondisi yang lebih baik, yaitu memiliki kemungkinan 25% lebih kecil untuk menderita penyakit kanker payudara. Studi ini secara kuat menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara aktivitas fisik, terutama berjalan kaki, dan menjauhkan kanker payudara.


3. Berjalan Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa berjalan 3.000-7.500 langkah per hari dapat efektif dalam mengobati atau mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, penelitian menyarankan orang untuk beristirahat di saat duduk dalam kurun waktu yang berjam-jam seperti aktivitas kantoran di depan komputer, maupun lainnya dan berjalan-jalan kecil atau melakukan beberapa latihan yang sesuai dengan tubuh mereka. Dengan kata lain, berjalan mengurangi kadar gula darah, yang bertanggung jawab menyebabkan orang-orang menderita diabetes tipe 2.


4. Berjalan Dapat Membantu Memproduksi Vitamin D

Para ilmuwan di University of Western Ontario, telah melakukan penelitian selama rentang waktu kurang lebih 30 tahun, sampai pada kesimpulan bahwa vitamin D sangat terkait dengan tulang rapuh, patah tulang, dan kesulitan dalam berjalan. Salah satu cara efektif untuk mendapatkan cukup vitamin D adalah dengan berjalan 15-30 menit sehari saat matahari masih keluar. Dengan cara ini, Anda menciptakan perisai yang kuat melawan kanker, multiple sclerosis, dan diabetes. Jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya!


5. Berjalan Dapat Meningkatkan Kreativitas

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Stanford University telah menemukan bahwa kreativitas seseorang meningkat ketika mereka berjalan dan untuk waktu yang singkat setelah mereka selesai berjalan. Lingkungan tidaklah faktor satu-satunya, karena berjalan baik di dalam maupun di luar ruangan akan sama-sama meningkatkan kreativitas. Banyak orang mengatakan bahwa ide terbaik datang saat mereka mereka berjalan. Bahkan Mark Zuckerberg dan almarhum Steve Jobs mengadakan pertemuan dengan rekan mereka sambil berjalan-jalan.


6. Berjalan Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Para peneliti dari Appalachian State University di North Carolina menemukan bahwa berjalan 30-45 menit dengan berjalan kaki setiap hari adalah cara terbaik untuk melindungi tubuh kamu dari masuk angin. Tingkat penguat pada kekebalan tubuh akan terjaga selama beberapa jam setelah latihan selesai. Efek ini terbukti melindungi kesehatan manusia dari waktu ke waktu.


7. Berjalan Dapat Mengurangi Keinginan Makan Manis

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter dan diterbitkan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa jalan-jalan singkat dapat mengekang hasrat untuk makan cokelat/gula dan bahkan dapat mengurangi jumlah makanan manis yang kamu konsumsi selama situasi stres. Sebenarnya, penelitian menunjukkan bahwa tidak peduli jenis latihannya, aktivitas fisik dapat membantu mengelola kecenderungan pada ketagihan makanan manis dan hal yang menarik adalah bahwa stres tidak berperan mengapa kita dapat mengonsumsi cokelat atau manisan lainnya dalam jumlah yang lebih besar.


8. Berjalan Dapat Mengurangi Proses Penuaan Dini


Berdasarkan temuan dari uji klinis yang ada pada hubungan antara berjalan dan penuaan menunjukkan bahwa berjalan adalah salah satu cara paling efektif untuk menghindari hilangnya mobilitas, yang sering diikuti oleh penuaan. Selain itu, para peneliti di McMaster University di Ontario menemukan bahwa olahraga tidak hanya membuat kulit lebih ketat, tetapi juga membalikkan proses penuaan. Jenis latihan yang terbukti paling bermanfaat adalah berjalan dan Tai-Chai karena keduanya membantu menghindari demensia.

Jalan kaki adalah hobi yang sehat dan menyenangkan yang dapat meningkatkan kesehatan dan pikiran kamu dengan cara-cara yang tidak pernah kamu bayangkan. Kamu tidak dapat mengharapkan keajaiban terjadi hanya dalam satu hari, tetapi kamu harus yakin bahwa manfaatnya akan muncul di kemudian hari dalam hidup Anda. Beri tahu kami di bagian komentar jika berjalan setiap hari telah membuat hidup kamu lebih baik. Semoga bermanfaat!

No comments