13 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Kopi Selain Diminum

Share:

Siapa sih yang enggak tahu kopi. Siapa sangka biji yang tidak sengaja di temukan oleh pengembala kambing ini menjadi salah satu kebutuhan jutaan orang setiap harinya. Sekali lagi terima kasih kepada Khalid, sang pengembala.

Nyatanya, jutaan orang di seluruh dunia lebih menyukai kopi daripada minuman lainnya. Memang, ada banyak pilihan untuk dipilih. Mulai dari espresso, pakai atau tanpa susu, panas, pakai es, dan lain-lain.

Tapi yang lebih mengesankan lagi adalah betapa banyak khasiat yang terkandung dalam biji ajaib ini, sehingga sangat banyak orang menggunakan minuman populer ini selain untuk diminum. Sangat banyak manfaatnya. Hampir dapat digunakan di semua bidang. Mulai dari menanam, untuk hewan, untuk kecantikan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman Bright Side, berikut 13 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Kopi Selain Diminum:


13. Pewangi Tangan
sumber
Siapa sih yang bisa menahan aroma magis dari kopi segar? Apakah kamu tidak ingin menghirup aroma kopi yang baru diseduh? Mau itu seduh sendiri, ataupun mengunjungi kedai-kedai kopi yang bikin ketagihan. Pasti kita ingin mencium aroma itu.

Jadi mengapa tidak mencoba kopi sebagai pewangi tangan? Gunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau bawang putih, bawang merah, ataupun aroma menyengat lainnya dari tangan Anda. Tinggal gosok secara menyeluruh ke tanganmu dan bilas dengan air. Selesai! Tanganmu beraroma terapi seperti kopi.


12. Masker Wajah
sumber
Terlepas dari aroma luar biasa dan rasanya yang istimewa, kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kulit.

Bubuk kopi menghilangkan sel-sel kulit mati dan memberikan efek anti-kerut karena kandungan antioksidan mereka. Hal ini tentunya menjadikan bubuk kopi sebagai salah satu produk terbaik untuk kulit kamu yang kayak pantan kuali itu guys. Jadi kamu bisa menggunakan kopi bubuk di wajah layaknya masker pada umumnya.

Berikut sedikit tutornya:

  • Tambahkan 1 sdt soda kue ke kopi bubuk (secukupnya saja, untuk menutupi wajah kamu). 
  • Diaduk-aduk guys kopi sama soda kuenya. Jangan di kobok-kobok ya, entar Joshua. 
  • Ceplokin deh ke wajah kamu. 
  • Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air hangat. 
  • Oleskan krim pelembab setelah prosedur. Kamu akan segera melihat hasilnya! Pasti langsung bersinar dan berseri layaknya sabun Shinzui. 
Masker ini juga memberi kamu keuntungan dari manfaat baking soda itu sendiri yang secara efektif membersihkan kulit berminyak.

Oh iya, sekarang sudah banyak loh produsen-produsen kecantikkan yang udah ngeluarin masker kopi itu sendiri. Jadi, buat kamu yang terlalu malas untuk meraciknya, bisa langsung beli aja, banyak di toko online guys.


11. Penyegar/Penetralisir Aroma Tak Sedap Di Kulkas
sumber
Sudah bukan rahasia lagi bahwa hal ini terjadi pada kita semua setidaknya lebih dari sekali. Ketika membuka lemari es dan langsung tercium aroma menyengat yang membuat seluruh isi kulkas menjadi bau. Bau yang kuat dari ikan ataupun bumbu makanan yang sangat jahat.

Jadi, bagaimanakita mengatasi masalah ini? Tenang, Kopi sangat efektif melawan bau yang tidak menyenangkan di lemari es seperti itu. Kopi opo kopi... Kopi dong guys.

Letakkan secangkir sisa kopi di kulkas. Kopi akan menyerap bau yang kuat, dan masalah kamu terpecahkan. Namun belum tahu pengaruhnya jika kopi kita dekatkan dengan kentut busuk, apakah akan ternetralisir juga? Well, silahkan coba dirumah guys!


10. Obat Anti Selulit
sumber
Mayoritas krim anti-selulit yang dijual bebas di pasaran memiliki satu bahan yang sama. Yaps, benar sekali... Kafein. Masalahnya adalah rata-rata semuanya sangat mahal, jadi jika kamu memiliki kopi di rumah, mengapa tidak memanfaatkannya dengan baik? Jadi gak perlu gengsi untuk melakukan semuanya sendiri guys. Mau cantik/ganteng gak harus mahal kok. Gak mesti ikut-ikut gaya kehidupan artis. Emang situ artis, wkwkwkwk.

Nah jadi kamu bisa membuat perawatan anti-selulit sendiri dengan mencampur kopi sisa dengan minyak kelapa secukupnya. Oleskan ke area yang terkena dan pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air guys.

So, this is it, guys! Cara yang lebih murah untuk mengatasi masalah kamu dan sebagai tambahan, secara tidak sadar kamu telah melakukan hal baik kepada dunia, yaitu mendaur ulang kopi mu.


9. Penghilang Bakteri Flea
sumber
Ternyata anjing kamu juga bisa mendapat manfaat dari ampas kopi loh guys. Bagaimana ini mungkin? How?

Jadi, karena bau yang kuat dan menyegat, kopi dapat digunakan sebagai pengobatan DIY (Do It Yourself) untuk mengusir kutu dan menjaga parasit penghisap darah yang tidak menyenangkan ini dari hewan peliharaan kamu. Jadi peliharaanmu bebas kuman-kuman nakal dan secara tidak langsung kamu juga terhindar dari penyakit.

Setelah kamu memandikan anjing, gosok dengan sisa kopi yang diseduh (gosoknya jangan pas airnya masih panas ya guys, entar yang ada malah bulunya ilang). Hal ini juga membawa manfaat ekstra mencegah anjing kamu bau seperti yang punya (becanda). Sebagai gantinya, kamu sekarang memiliki anjing yang beraroma seperti kopi!

CATATAN!!!
Jangan pernah coba-coba menyicip rasanya!


8. Perawatan Rambut
sumber
Kopi juga memiliki sejumlah kegunaan dalam kecantikan. Kamu bisa menggunakannya di wajah ataupun kulit, dan kamu juga bisa menggunakan kopi pada rambutmu dan hasilnya bakalan memuaskan. Karena saya sendiri kebetulan juga pake cara ini guys (kebetulan rambut saya panjang kayak brand ambasador pantene).


Tidak hanya membuat rambut kamu berkilau guys, tetapi kafein juga merupakan obat yang bagus untuk mengatasi rambut rontok karena merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya terasa lembut dan bergizi.

Untuk menggunakan kopi ini sebagai produk perawatan rambut, lakukan hal berikut guys:

  • Seduh kopi, jumlahnya harus cukup untuk menutupi semua rambutmu, jadi di sesuaikan guys. 
  • Biarkan dingin lalu colet-coletin deh ke rambut kamu. Pijat kulit kepala dengan gerakan memutar. 
  • Diamkan selama sekitar 20 menit lalu bilas dengan air. 

Kamu bisa menggunakan perawatan DIY ini seminggu sekali.


7. Kebun/Taman
sumber
Yang ini tidak terduga kan guys?

Well, ternyata kopi dapat memperkaya dan menyuburkan tanah kebun kamu maupun kebun tetanggamu dengan nitrogen. Ini dapat digunakan untuk membuat kompos, tetapi pastikan jumlah kopi tidak melebihi 20%. Kalau tidak, kompos akan terlalu banyak tercampur dengan kopi dan efeknya akan negatif terhadap kebun mu guys.

Perlu diingat proporsi yang direkomendasikan untuk mencampurkan kopi dengan kompos. Ini akan memperbaiki tanah kebun kamu dan juga dapat digunakan untuk tanaman pot kembangmu. Jika kamu kembang desa, kamu juga bisa memupuknya dengan kopi.


6. Pengusir Kucing
sumber
Jika kamu memiliki halaman belakang, teras, ataupun taman, kamu pasti dikunjungi oleh tetangga-tetangga yang syantik dan imut atau kucing liar. Para pengunjung berbulu ini tentu sangat suka buang air kecil di kebunmu, atau di dalam rumahmu bukan?

Kopi adalah pilihan terbaik untuk menakut-nakuti mereka tanpa harus berbuat tindakan barbar dengan menyakiti kucing. Ingat guys, kucing itu binatang, gak punya akal, makanya sembarangan.

Usut punya usut, rupanya sebagian besar kucing tidak tahan dengan aroma kopi yang kuat guys. Jadi kucing bakalan auto-nolak sama nih kopi.

Tinggalkan saja kopi bubuk yang dicampur dengan kulit jeruk di tempat yang tepat dan kucing akan menghindari kebun ataupun tempatmu guys.


5. Pengelupas Kulit
sumber
Kopi adalah pengelupas kulit alami yang membantu mengangkat sel kulit mati. Perlu diingat, kopi ini hanya dapat membantu mengangkat sel kulit mati ya, hati yang telah mati gak bisa.

Jadi kamu bisa menyiapkan perawatan pengelupasan sendiri dengan mencampurkan kopi bubuk (bekas atau segar) dengan sedikit minyak zaitun dan gunakan scrub pada area tubuh kamu yang ingin terkelupas. Diamkan selama sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat. Selesai deh, sekarang kamu udah gak ada kulit!


4. Penyegar Udara
sumber
Jika kamu tidak tahan dengan aroma penyegar udara baru kamu atau kamu tidak ingin mengisi rumah dengan bahan kimia, menggunakan kopi sebagai penyegar udara alami akan menjadi pilihan terbaik untuk kamu guys. Jika hal ini bekerja pada lemari es, tentu hal itu akan bekerja dengan ruang tamu ataupun kamar kamu juga.


Masukkan beberapa bubuk kopi kering ke dalam stocking nilon yang tidak lagi kamu gunakan dan letakkan di ruangan yang ingin kamu refresh. Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk mobil atau lemari guys.


3. Pembersih Perabotan
sumber
Kopi juga sangat berguna untuk membuat perabot kayu dirumahmu menjadi berkilau dan bersih.

Bagaimana cara melakukan ini?

Alih-alih membuang bubuk kopi, biarkan dingin, dan gunakan kain, gosoklah permukaan perabotan kayu kamu guys. Ini tidak hanya akan membuat furnitur Anda berkilau, tetapi Anda juga akan merasakan kenikmatan hakiki aroma kopi yang menyegarkan di rumah kamu.


2. Dekorasi
sumber
Bukankah biji kopi itu indah? Ditambah dengan aroma kopi segar yang menakjubkan entah bagaimana dapat memberikan rasa yang nikmat, bukan?

Biji kopi sering digunakan sebagai elemen dekoratif untuk memberikan tempat favoritmu seperti ruang tamu atau kamar menjadi yang lebih menarik. Kamu dapat menggunakan kreativitas dan imajinasi kamu, contoh kecil ide dekorasi yang sangat sederhana adalah dengan membeli botol transparan (atau wadah kaca lainnya) dan isi dengan biji kopi.

Taruh botol di suatu tempat di atas perabot, seperti meja ujung (yang sudah kamu poleskan dengan bubuk kopi tadi biar tambah joss!), dan tentunya kamu akan memiliki barang yang dirancang sendiri dengan idemu secara kreatif di rumah kamu guys.


1. Memasak 
sumber
Jika kamu suka minum kopi, tentunya kamu juga suka memakannya bukan?

Kamu pasti sudah mencoba beberapa resep dengan kopi, tetapi jika kamu masih belum menemukannya, berikut beberapa ide untuk kamu:

  • Gunakan kopi instan untuk menghias kue dan makanan penutup lainnya.
  • Gunakan kopi instan untuk isi dalam kue.
  • Gunakan kopi yang diseduh untuk kue atau brownies.

Manakah dari penggunaan kopi ini yang menurut kamu paling mengejutkan? Apakah kamu akan mencoba salah satu dari 13 poin itu atau merekomendasikannya kepada teman? Bagikan pemikiran kamu di komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

No comments