10 Program Studi Yang Banyak Di Minati Tahun 2018

Share:

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting. Baik itu berguna untuk kehidupan, dan juga berguna untuk karir kita di masa mendatang nanti.

Apalagi di zaman yang sudah modern saat ini, semua orang sudah mulai memandang sebelah mata orang yang tidak memiliki strata pendidikan yang tinggi dan mengagungkan orang-orang yang memiliki banyak gelar. Bahkan, orang-orang dengan S1 pun sudah mulai kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang mereka inginkan. Maka dari itu, pendidikan saat ini bisa dibilang telah melencong sedikit dari tempatnya, yaitu pendidikan digunakan bukan untuk menimba ilmu, melainkan untuk kepentingan tertentu semata.

Namun, hal itu tidak bisa kita jadikan penghalang untuk tidak belajar. Jika kamu merupakan anak orang tua yang mampu, maka kuliah lah hingga setinggi-tingginya, toh juga demi kebahagiaan kamu di masa depan nanti, dan jika kamu merupakan anak dari orang tua yang biasa-biasa saja, jangan jadikan hal ini sebagai tembok keputusasaan, namun lakukanlah sebaliknya. Kamu harus terus berusaha demi cita-citamu.

sumber
Di tahun 2018 ini pun telah banyak calon-calon yang telah mengikuti seleksi untuk masuk di Perguruan Tinggi. Baik itu SNMPTN, maupun SBMPTN. 

Sangat banyak yang mendaftar pada seleksi ini. Dari  SNMPTN pun ada 586.155 orang yang telah mendaftar dan dinyatakan lulus hanya sebanyak 110.946 orang. Sedangkan peserta SBMPTN yang telah terdaftar adalah berjumlah 860.001 orang dan akan diumumkan kelulusannya pada bulan Juli mendatang. Buat kamu yang masih menunggu kepastian, yang sabar ya...

Dilansir dari laman mamikos.com, berikut 10 program studi yang banyak diminati di Perguruan Tinggi yang di pilih.


1. Manajemen

Manajemen mengajarkan kamu untuk memahami bagaimana orang berperilaku dalam sebuah organisasi, bagaimana pengaruh dan efek kepemimpinan. Apakah kamu bertujuan untuk menjadi wiraswasta, seorang pengusaha, menjadi bos perusahaan kamu sendiri, atau bekerja untuk bisnis swasta, perusahaan nirlaba atau lembaga pemerintah? Nah, Manajemen memberi kamu jalan untuk kesuksesanmu!

Manajemen dapat membawa kamu ke berbagai tempat. Salah satunya Selandia Baru yang merupakan salah satu negara terkecil dan paling terpencil di dunia. Kita perlu bekerja ekstra keras untuk terhubung ke ekonomi global. Karir mu dapat membawa kamu ke salah satu pusat kegiatan ekonomi dunia, yaitu: New York, London, Tokyo.

Tidak heran mengapa program studi ini paling banyak diminati ya!


2. Akuntansi

Apakah program studi yang di ambil oleh artis-artis terkenal seperti Mick Jagger (The Rolling Stones), Julia Sweeney (komedian dan aktris Amerika), Kenny G (pemain saxophone) dan Peter Falk (aktor legendaris Amrika)?

Jawabannya adalah Akuntansi!

Mempelajari akuntansi memberi kamu perspektif yang jauh lebih luas daripada penambahan dan pengurangan. Tanyakan kepada setiap siswa akuntansi, dan dia akan segera menegaskan bahwa mempelajari akuntansi bukan hanya tentang angka.

Pengaruh mereka dalam bisnis dan masyarakat, secara umum jauh melampaui buku besar, lembaran dan angka-angka saja. Sebagai seseorang yang belajar akuntansi, kamu tidak perlu harus bekerja sebagai akuntan 'tradisional', mencatat transaksi dalam buku besar dan menyiapkan ‘laporan laba rugi'. Mempelajari akuntansi membuka pintu ke berbagai macam karir yang saling berhubungan, termasuk:
  • Manajemen Keuangan
  • Analisa bisnis
  • Manajemen bisnis
  • Penasihat Investasi
  • Spesialisasi Manajemen Risiko
Beruntung deh yang udah daftar di program studi ini. Semoga beruntung ya!


3. Ilmu Hukum


Mempelajari hukum dapat mengembangkan pemahaman seseorang tentang kekuatan kekuasaan dalam masyarakat kita dengan cara yang bahkan lebih efektif daripada ilmu politik. Hal ini karena hukum secara langsung berkaitan dengan kekuasaan dan menjangkau setiap bagian kehidupan. Karena alasan itu, hukum sangat penting bagi cara hidup setiap orang.

Mempelajari hukum memungkinkan seseorang yang memiliki rasa keadilan yang kuat untuk melihat di mana ada cacat dalam sistem dan bekerja secara konstruktif dan efektif untuk mengubahnya (semoga orang yang begini masih banyak ya guys). Dalam pengertian ini, mempelajari hukum menawarkan orang bersifat idealis, namun dengan cara yang realistis untuk membuat perbedaan di dunia. Banyak pengacara bekerja dalam reformasi kebijakan dan hukum dengan cara seperti ini.

Siapa tahu kamu bisa jadi seperti pengacara kondang di Indonesia guys, Bapak Hotman Paris Hutapea.


4. Ilmu Komunikasi

Pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang diperoleh seorang siswa melalui program studi dalam Komunikasi akan membantunya menjadi aset berharga dalam berbagai konteks, yaitu dari organisasi hingga politik, dari keluarga hingga perusahaan multinasional. Lulusan komunikasi juga menghargai bagaimana komunikasi dapat memotong konteks dan situasi. Itu adalah kekuatan relasional dan kolaboratif yang membangun dunia sosial.

Kemampuan untuk berkomunikasi adalah salah satu keterampilan yang paling banyak dicari oleh pengusaha. Faktanya, survei National Association of Colleges and Employers (NACE) 2014 dari 260 pengusaha menemukan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan dalam kursus Komunikasi sangat penting untuk dipekerjakan.

Ilmu Komunikasi merangkul komitmen yang mendalam untuk komunikasi yang etis dan produktif secara sipil. Mereka membawa nilai-nilai ini kepada siswa mereka melalui pengalaman belajar dan kursus yang mendorong pentingnya komunikasi etis yang baik. Siswa yang muncul dari program ini datang dengan komitmen untuk menggunakan pendidikan mereka untuk membuat perbedaan.


5. Psikologi

Ketika kamu belajar lebih banyak tentang bagaimana perkembangan terjadi, bagaimana bentuk kepribadian, dan bagaimana faktor-faktor seperti masyarakat dan budaya memengaruhi perilaku, kamu mungkin menemukan diri mu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang banyak pengaruh yang telah memengaruhi kehidupan mu sendiri.

Memiliki pemahaman dasar tentang metode penelitian psikologi dapat membantu kamu lebih memahami beberapa dari banyak kasus yang akan kam temui dalam buku, majalah, acara televisi, dan film.

Tentu, ada banyak karir yang menarik dalam psikologi yang mungkin ingin kamu jelajahi, tetapi mempelajari subjek dapat membantu kamu dalam banyak profesi lain juga. Misalnya, jika kamu ingin menjadi manajer bisnis, memahami perilaku manusia dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk mengelola dan berinteraksi dengan karyawanmu.


6. Pendidikan Dokter

Mereka yang memiliki ambisi untuk menghasilkan uang harus menjadi pengusaha. Tetapi jika kamu ambisius dalam hal ingin menantang diri sendiri, mendorong diri kamu sendiri ke tingkat yang baru atau mencapai tujuan yang sulit, maka pendidikan dokter mungkin memang ditakdirkan untuk kamu.

Membantu masyarakat dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuhnya dan kualitas hidupnya. Jurusan kedokteran juga membantu dalam hubungan sosial antar sesama karena sering dilakukan kegiatan di luar kampus, misal praktik di rumah sakit maupun puskesmas. [1]

Memiliki profesi sebagai soarang dokter memberikan fleksibilitas dalam bekerja, sehingga dokter dapat dengan mudah mengatur keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesionalnya. [1]

Profesi sebagai seorang dokter selalu berinteraksi baik dengan pasien dan senantiasa memberi semangat kepada pasiennya. Dengan seperti itu pasien dapat termotivasi untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. [1]


7. Teknik Sipil

Insinyur Sipil memainkan peran kunci dalam keseluruhan proses, mulai dari merancang proyek, hingga membangun dan merawatnya. Kebanyakan program Teknik Sipil saat ini memberikan pekerjaan pilihan untuk penempatan industri selama kuliah. Banyak siswa bahkan dibayar untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

Tanpa insinyur sipil, kehidupan di masyarakat tidak dapat berfungsi. Karena mereka adalah orang-orang yang membangun jalan, jembatan, dan bandara kita, dan memastikan bahwa rumah-rumah yang kita tinggali itu secara struktural sehat. Insinyur sipil juga mendesain saluran air dan instalasi pengolahan air yang membawa air yang mengalir ke rumah kita.

Pekerjaan yang dilakukan para insinyur sipil tidak hanya penting, tetapi juga menarik, beragam dan menyenangkan. Insinyur sipil menggunakan matematika dan sains untuk perhitungan mereka, tetapi juga menggunakan prinsip desain dan artistik untuk membangunnya


8. Teknik Informatika

Pekerjaan teknologi informasi termasuk dalam spektrum yang penuh dengan teknologi dan bisnis komputer. Sebagai seorang profesional TI, kamu akan membantu klien kamu dalam mencapai tujuan mereka. Bisnis mengandalkan teknologi informasi untuk membantu mereka menjadi lebih produktif. Ini adalah karir yang menguntungkan bisnis apa pun dengan memungkinkan perusahaan bekerja lebih efisien dan memaksimalkan produktivitas. Dan dengan itu datanglah komunikasi yang lebih cepat, penyimpanan elektronik dan perlindungan dokumen penting.

Teknologi informasi sangat beragam dan tidak hanya tentang memperbaiki komputer atau laptop. Kursus ini akan memungkinkan kamu untuk mengambil karir mu di sejumlah arah yang berbeda. Karir mu pun akan bervariasi. Mulai dari seorang penulis teknis, pengembang web, direktur teknologi informasi, dan banyak lagi. Lulusan TI juga akan dipersiapkan untuk mengambil spesialisasi di bidang yang lebih luas. Pasar kerja di bidang komputasi dan teknologi informasi sedang tumbuh. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan, pelatihan, dan proses berpikir logis. Banyak dari karir ini dituntut penuh dan juga penuh tekanan, tetapi sebagian besar menawarkan imbalan finansial yang besar.

Bagian terbesar dari mempelajari teknologi informasi adalah praktis. Saat melakukannya, kamu tidak akan hanya belajar bagian teoretis tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk membuat sesuatu. Dengan itu, kamu dapat mengubah atau menyesuaikan berbagai hal dan menerapkan apa yang telah kamu pelajari. Pengetahuan merupakan hal yang sangat penting untuk bidang karir apa pun. 

Terkadang lebih baik untuk melihat apa yang kamu pelajari dengan benar-benar melakukannya. Dengan cara itu kamu akan mengingat hal-hal lebih cepat dan lebih lama dan menjadi sukses di bidang mu!


9. Farmasi

Apoteker memainkan peran kunci dalam membantu pasien merasa lebih baik dan sembuh secepat mungkin. Pasien melakukan yang terbaik ketika apoteker adalah bagian dari tim kesehatan mereka karena apoteker adalah spesialis pengobatan. Mereka adalah penyedia layanan kesehatan yang kompeten yang berkomunikasi secara efektif untuk mengevaluasi banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan pasien untuk minum obat. Ini termasuk diet, gaya hidup, transportasi, hambatan bahasa dan banyak lagi

Farmasi adalah karir yang beragam dan bermanfaat, dengan peluang untuk perawatan pasien, penelitian ilmiah dan inovasi. Apoteker dapat bekerja di berbagai pengaturan profesional. Mayoritas apoteker (45%) bekerja di apotek dan memberikan konseling kepada pasien tentang penggunaan obat-obatan resep dan over-the-counter (OTC). Apoteker bekerja di berbagai lingkungan perawatan kesehatan lainnya, termasuk rumah sakit, panti jompo, organisasi perawatan terkelola, industri farmasi, akademi dan sekolah serta pemerintah federal. Apoteker memainkan peran kepemimpinan kunci dalam semua aspek sistem perawatan kesehatan.

Menurut Polling Gallup baru-baru ini, kejujuran dan etika apoteker dinilai "tinggi" atau "sangat tinggi" oleh mayoritas besar orang Amerika. Apoteker adalah pemimpin yang dipercayakan untuk menjaga kesehatan keluarga.


10. Agribisnis

Agribisnis berurusan dengan manajemen, pemasaran, dan pembiayaan makanan dan serat, "dari lapangan ke meja." Kamu akan mempelajari prinsip-prinsip dari ilmu pertanian, ekonomi, bisnis, dan statistik dalam persiapan untuk berkarir di agribisnis, pertanian, sumber daya alam, pemerintah, dan bidang terkait.

Agribisnis dirancang untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja di berbagai bidang, termasuk keuangan bisnis, pemasaran, pertanian internasional, pemasaran pertanian, pembentukan kebijakan, manajemen peternakan dan peternakan, ekonomi sumber daya, pembangunan pedesaan, bank, dan penilaian real estate.

Jurusan Agribisnis mempersiapkan kamu untuk menerapkan prinsip-prinsip bisnis dan ekonomi untuk produksi dan pemasaran makanan dan produk pertanian lainnya dan untuk pengelolaan sumber daya alam. Jurusan agribisnis akan berkonsentrasi di bidang ekonomi; pemasaran pertanian; manajemen peternakan dan peternakan; keuangan pertanian; ekonomi lingkungan; produksi tanaman atau hewan; pertanian dan perdagangan internasional. Anda mempelajari prinsip-prinsip yang terkait dengan praktik terbaik untuk pengembangan produk, maksimalisasi keuntungan, dan perencanaan investasi. Anda menjadi terbiasa dengan alat akuntansi seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Anda diajarkan untuk menggunakan alat kuantitatif seperti statistik, metode akuntansi, program komputer, dan analisis investasi untuk memecahkan masalah manajemen dan perencanaan.


Itulah 10 program studi yang paling banyak diminati di tahun 2018 ini. Tidak menutup kemungkinan program-program studi ini akan terus melejit naik, mengingat kebutuhan perusahaan-perusahaan yang ada. Semoga bermanfaat!

Sumber [1]

No comments