Beberapa Jurusan Yang Banyak Di Cari Di Tahun 2017

Share:

Buat kita yang lagi bingung mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat kita, salah satu faktor ini mungkin bisa menjadi pilihan. Menurut studi dari National Association of Colleges and Employers(NACE), dilansir dari Forbes, ada 7 jurusan yang lulusannya lagi banyak banget dicari di tahun 2017 ini.


1. Jurusan Keuangan

Prospek kerja di bidang keuangan memang lagi berada di puncaknya tahun 2017. Bahkan NACE mencatat ada 60,4% lulusan finance yang dicari dalam perusahaan-perusahaan. Enggak heran kalau jurusan ini menjadi jurusan yang paling dicari.


2. Jurusan Akuntansi

Nah, mungkin kita bingung sebenarnya bedanya apa jurusan keuangan dengan akuntansi. Keduanya berada pada bidang yang sama, yaitu ekonomi. Kalau jurusan akuntansi mengurus laporan keuangan setiap harinya, sedangkan jurusan keuangan atau finance bertugas untuk mengatur pemasukan dan pengeluarkan keuangan dalam sebuah perusahaan. Lulusan akuntansi dicari paling enggak ada 59,7%, jadi kalau kita tertarik dengan jurusan akuntansi, tinggal kejar universitas idaman,ya!


3. Jurusan Administrasi Bisnis

Kecerdasan sosial dan keterampilan bisnis bisa menjadi satu paket yang lengkap ketika kita memilih jurusan ini. Enggak perlu takut karena jurusan ini juga banyak dicari tahun ini seperti jurusan akuntansi.


4. Jurusan Teknik Mesin

Fakultas teknik punya banyak jurusan, salah satunya adalah teknik mesin. Seenggaknya ada 48.6% lulusan teknik mesin yang dicari. Ternyata jurusan teknik mesin ini enggak hanya diminati oleh cowok, tapi cewek juga punya kesempatan yang sama untuk menggeluti bidang ini.


5. Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah jurusan yang juga banyak dicari tahun 2017. Jurusan ini bisa dibilang gabungan dari jurusan ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Fokusnya tetap pada pemrograman komputer yang ditujukan untuk bisnis perusahaan. Salah satu studinya yaitu Sistem Informasi Manajemen juga jadi penunjang jurusan ini.


6. Jurusan Manajemen

Menurut NACE, sebanyak 38,9% lulusan jurusan manajemen banyak dicari. Alasannya karena jurusan manajemen mempunyai prospek kerja yang luas. Kita tentunya akan mempelajari proses efektivitas dan efesiensi yang berlaku dalam bidang ekonomi. Nantinya konsentrasi kuliahnya juga akan lebih mendalam lagi seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Organisasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.


7. Jurusan Bioteknologi

Sadar enggak sadar kalau setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari memiliki kandungan yang harus sesuai standarnya. Jurusan ini akan mempelajari hal tersebut lebih dalam, makanya lulusan ini juga dicari tahun 2017.



Selain 7 jurusan yang paling dicari tahun 2017 di atas, ada beberapa jurusan yang tetap menjadi favorit dan punya banyak peminatnya. Tentunya, juga menjadi pilihan buat kita yang lagi bingung mencari jurusan yang tepat. Misalnya tiga jurusan yang enggak pernah sepi peminat ini:


8. Jurusan Psikologi

Dilansir dari Value Colleges, pekerjaan Human Resources Development atau HRD menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. HRD adalah salah satu prospek kerja dari jurusan ini. sehingga bisa dikatakan bahwa jurusan ini masih banyak peminatnya. Selain menjadi HRD, ada banyak lingkup kerja lainnya untuk lulusan psikologi.


9. Jurusan Komunikasi

Jurusan ini juga salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Menurut Bureau of Labor Statistics(BLS), jurusan komunikasi masuk menjadi salah satu jurusan yang diminati tahun lalu dan paling mudah dalam mencari pekerjaan.


10. Jurusan Hukum

Jurusan hukum punya banyak bidang seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum ekonomi bisnis, dan hukum internasional. Banyaknya bidang hukum yang bisa ditelaah bikin jurusan ini masih menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Prospek kerjanya juga banyak dan pasti dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa jurusan yang banyak di cari tahun 2017 ini menurut National Association of Colleges and Employers(NACE).

1 comment: