5 Permainan Tradisional Indonesia yang Hampir Punah

Share:

      Pada era modern saat ini yang semuanya sudah tak bisa lepas dari gadget dan teknologi membuat beberapa permainan tradisional yang dulunya sering dimainkan perlahan mulai punah. hal ini desebabkan terlalu eksisnya teknologi modern di kehidupan masyarakat di indonesia ini. Dari kaum lansia,dewasa,remaja,hingga anak-anak pun telah terkontaminasi dengan gadget yang ada sekarang. Semakin canggih gedget yang ada maka semakin malas pula para penerus permainan trasinional di indonesia ini untuk mempertahankan kelestariannya. Berikut beberapa permainan tradisional yang ada di indonesia yang hampir punah bahkan mungkin telah punah, Cekitdot.


1. Gobak Sodor atau Hadang


Gerobak sodor atau hadang adalah permainan yang dilakukan beberapa orang. Tugasmu adalah menjaga agar temanmu tak melewati batas yang telah dibuat. Apabila seluruh lawan masuk ke daerahmu, maka kamu akan kalah. Permaianan ini mengandalkan kekompakan dan kegesitan para pemain agar bisa lepas dari tangkapan sang pengadang dan kejelian untuk pemain yang menjadi benteng agar para pemain lawan tidak mudah melewati pos penjagaan mereka.


2. Engklek
engklek

Engklek merupakan permainan perseorangan yang dimainkan dengan cara membuat beberapa kotak-kotak diatas tanah yang kemudian akan dilewati oleh para pemain dengan cara melompat di kotak-kotak yang tersedia untuk mengambil biji atau batu yang sudah dilempar sebelumnya. Permainan ini akan berakhir jika semua kotak telah terisi atau telah di ambil alih oleh para pemain. dalam permainan ini kotak-kotak yang dibuat tak mesti selalu sama, semua tergantung selera masing-masing. walaupun permainan ini sederhana  yang hanya mengandalkan kotak-kotak yang dilukis di tanah dan beberapa batu yang bisa didapat di manapun, namun permainan ini tak kalah serunya dan bisa mengundang tawa bagi para orang tua yang melihat anak-anaknya bermain.


3. Ular Naga
ular naga

Permainan ini dimulai dengan nyanyian. Saat lagu sudah berhenti, anak yang berada ditengah ditangkap. Pada saat terakhir, dua orang di paling depan akan saling merebut mangsa. Biasanya mereka yang telah tertangkap akan dijauhkan dari pemain lainnya dan akan di berikan sebuah pilihan untuk menentukan mereka akan berada di pihak sebelah mana. Dalam Permainan ini membutuhkan beberapa orang untuk memainkannya. Semakin banyak yang ikut dalam permainan ini maka semakin seru pula nuasa yang akan diciptakan. 


4. Tepok Tazos
tazos

Anak laki-laki sangat suka dengan permainan ini. Semakin kuat tazos yang kamu punya, maka semakin menguntungkan. Tazos yang terbalik kalah, dan yang kalah harus memberikan tazos tersebut kepada pemenangnya. Pada eranya anak-anak akan rela menghabiskan uang jajan mereka demi membeli permainan ini. bahkan tak jarang anak-anak mengumpulkan permainan ini hingga tak dapat dihitung lagi. Semakin banyak Tazos yang mereka kumpulkan maka semakin terlihat keren lah mereka, namun tak jarang dari mereka yang sampai di ceramahi orang tua mereka karena membeli terlalu banyak tazos. apa anda termasuk dari mereka yang di ceramahi. kalau iya masa kecil anda luar biasa.


5. Patok Lele
patok lele

Dalam permainan ini Kamu harus melempar kayu kecil dan memukulnya. Permainan ini membutuhkan ketepatan, akurasi, serta kecepatan tangan.Dalam Permainan ini dibutuhkan beberapa pemain, semakin ramai yang ikut maka semakin greget pula permainan ini.dalam permainan ini di butuhkan dua kayu, biasanya ada yang panjang dan ada yang pendek. yang panjang di gunakan untuk memukul dan yang pendek untuk dipukul, begitulah kira-kira.

Ada dua kubu di permainan ini, ada kubu memukul ada kubu menangkap. Permainan ini memang cukup berbahaya bagi mereka yang kurang handal memainkannya, tak jarang ada yang saling bertabrakan ketika ingin menangkap kayu yang telah dipukul. Bahkan ada pula yang sampai cidera di karenakan kayu yang di pukul mengenai pemain lain yang sedang bersiap menangkap maupun yang hanya melihat-lihat dari kejauhan


        Demikian lah beberapa permainan tradisional yang hampir punah keberadaannya karna ditelan waktu dan nuansa modern saat ini. walaupun masih banyak lagi permainan tradisional lainnya yang sudah jarang di temui, tetapi beberapa permainan di atas lah yang keberadaanya sudah hampir punah.

No comments